User Tools

Site Tools


kipo

KIPO KOTAGEDE YOGYAKARTA

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan budaya dan wisata kuliner. Salah satu kota wisata yang banyak dikenak masyarakat adalah Kotagede yang terkenal dengan kerajinan perak. Namun, selain kerajinan perak ternyata Kotagede memiliki satu makanan yang unik. Nama makanan tersebut adalah 'Kipo'.

Kipo merupakan kue basah tradisional khas Kotagede. Bentuk kue tersebut berbentu oval dan memiliki ukuran ibu jari orang dewasa yang memiliki warna hijau kekuning-kuningan. Kue tersebut hampir mirip dengan kue klepon. Bahan dasar kue tersebut berupa tepung ketan dan diisi dengan parutan kelapa yang dibumbui gula jawa.

Makanan tersebut dibuat pertama kali oleh Ibu Djito pada tahun 1960. Alasan beliau memberi nama kipo dikarenakan pada saat beliau menjual makanan tersebut banyak orang bertanya-tanya dengan bahasa jawa “Iki Opo”, dari situlah beliau memberi nama makanan tersebut dengan nama kipo. Dengan seiringnya berjalanya waktu, sekarang banyak toko-toko kecil yang menjual makanan kipo, yaitu Kipo Bu Djito, Kipo Bu Amanah, dan lain-lain.

Terdapat beberapa toko yang menjual kipo yang jaraknya sekitar 100 meter dari pasar Kotagede. Tidak terlalu banyak toko yang menjual kipo, hanya bu djito dan beberapa rumah disekitarnya. Kipo juga tidak terlalu sering ditemui ditempat oleh-oleh kecuali lokasinya berada disekitar Kotagede. Alasannya mungkin karena Kipo bukan makanan yang awet sehingga tidak banyak dilirik untuk menjadi buah tangan para wisatawan

recipeInstruction Panaskan air bersama gula merah dan daun pandan. Setelah mendidih, masukkan kelapa parut dan garam. Aduk sampai rata, sisihkan. Selanjutnya, campur tepung ketan dengan santan panas sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk. Kemudian, tambahkan air daun suji atau pewarna hijau. Ambil setengah sendok makan adonan kulit, lalu tipiskan. Masukkan setengah sendok teh adonan isi kedalamnya. Bentuk kembali adonan kue hingga menjadi bulat. Panaskan wajan yang sudah diberi alasa daun pisang. Terakhir, letakkan adonan yang sudah jadi diatasnya dan dengan sedikit ditekan-tekan sampai matang.
recipeCategory Kue basah
cookingMethod Panggang
ingredients tepung ketan, santan, garam, daun pandan, parutan kelapa muda
source http://id.resepmasaktradisional.com/2013/09/Cara-Membuat-Kue-Kipo.html
http://jogjadirectory.com/wp-content/uploads/2015/03/Kipo-3-JogjaDirectory.com_.jpg
https://inpojokan.wordpress.com/2012/09/26/kipo-khas-yogyakarta/

Gambar Terkait

kipo.txt · Last modified: 2015/05/22 07:21 by banuyuwono