User Tools

Site Tools


karnaval_17_agustus

Karnaval 17 Agustus di Gancahan 8 Yogyakarta
Sebuah peristiwa besar biasanya ditandai dengan acara peringatan yang meriah. Peringatan tersebut digelar setiap satu tahun sekali untuk memperingati peristiwa yang mempunyai makna penting didalam kehidupan masyarakat. Salah satu peristiwa penting adalah peringatan kemerdekaan indonesia yang jatuh pada hari 17 Agustus. Peringatan hari kemerdekaan mempunyai makna penting bagi masyarakat indonesia sehingga beragam acara seperti pameran, upacara, maupun festival pun diadakan untuk menyemarakan peristiwa ini.

Sebuah dusun yaitu dusun Gancahan 8 Sidomulyo Godean Sleman merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang mempunyai agenda khusus ketika merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Acara yang menjadi agenda tahunan adalah Karnaval. Karnaval ini diadakan setiap tanggal 17 Agustus ( Apabila ada halangan, maka diadakan di tanggal lain ). Acara Karnaval ini merupakan pagelaran seni budaya yang berupa parade jalanan. Berbagai karakter budaya baik tradisional maupun moden dipadukan menjadi satu tanpa meninggalkan akar tradisi.

Karnaval di dusun Gancahan 8 ini bertujuan selain menyemarakkan hari kemerdekaan, juga untuk menjaga menyatukan berbagai elemen masyarakat, sehingga masyarakat menjadi semakin rukun dan solid. Karnaval ini diikuti oleh 7 RT. Masing-masing RT akan menampilkan sebuah seni rupa seperti kendaraan, naga, orang-orangan, dan masih banyak lagi. Karnaval ini dimulai dari Gancahan 8 - Lapangan Sidamulya untuk menyerahkan gunungan ke perangkat desa - Dusun Gancahan 5 - Dusun Gancahan 6 - Dusun Gancahan 7 - Dusun Gancahan 8. Jarak yang ditempuh sekitar 5 KM. Masyarakat melakukan persiapan pukul 10.00 wib kemudian dimulai pukul 13.00 wib dan selesai pukul 16.00 wib.

sumber : dokumentasi pribadi

karnaval_17_agustus.txt · Last modified: 2015/05/22 12:02 by dwickyp