User Tools

Site Tools


bakpia_pathok_pathuk

Bakpia Pathok ( Pathuk )


bakpia-pathok.jpgBakpia Pathok ( Pathuk ) adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Yogyakarta dan merupakan oleh-oleh wajib bagi para wisatawan yang mengunjungi kota ini. Makanan yang dipengaruhi oleh unsur budaya Chinese ini sendiri merupakan hasil olahan dari campuran tepung berisi kacang hijau yang kemudian dipanggang. Nama makanan ini sendiri diambil dari tempat awal mula proses produksinya, yakni sebuah kawasan bernama Pathok ( Pathuk ).

Pada masa awal proses pembuatan dan pemasaran makanan ini, Bakpia Pathok ( Pathuk ) diproses di industri-rumahan dan kemudian dijual dengan menggunakan kotak kecil yang terbuat dari anyaman bambu yang diberi label merk berupa angka-angka tertentu, yang mana merupakan nomor rumah produksi makanan tersebut. Sekarang, pemasaran dikemas dengan menggunakan kotak kecil yang terbuat dari kertas karton.

Hingga kini terdapat begitu banyak merk Bakpia Pathok ( Pathuk ) yang beredar di pasaran dengan ciri khasnya masing-masing, dan beberapa yang terkenal adalah seperti ‘25’, ‘35’, ‘65’, ‘75’, ‘99’, ‘145’. Salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi oleh para peminat makanan ini adalah yang terletak di jalan AIP II KS Tubun NG I/504, desa Pathok, Ngampilan, Kecamatan Wirobrajan, tepatnya berada di belakang kawasan Malioboro. Di tempat ini juga, wisatawan bisa langsung melihat pabrik beserta prosedur pembuatan Bakpia.

Sekarang ini Bakpia Pathok (Pathuk) tidak hanya berisikan Kacang Hijau saja. Beberapa merk tertentu menawarkan berbagai macam pilihan rasa seperti coklat, keju, nanas, durian, kumbu, dan kacang hijau. Terdapat juga kemasan aneka rasa bagi yang ingin mencoba banyak rasa sekaligus. Untuk pemasaran, makanan ini biasanya dijual per kotaknya dengan isi sekitar 15-20 buah, dengan kisaran harga sekitar 20.000 rupiah – 35.000 rupiah, tergantung dari merk dan rasanya.

Recipe Instruction Kacang hijau yang sudah di rendam dibersihkan, kukus selama 30 menit sampai matang dan empuk, haluskan. Setelah dihaluskan campur dengan gula, santan, garam dan daun pandan. Aduk rata. Masak dengan api sedang biakan sampai adonan kering dan santan sudah terserap. Angkat, biarkan dingin. Pada kulit bagian dalam : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan. Pada kulit bagian luar : Panaskan air, masukan gula, aduk sampai gula larut. Angkat. Campur kedua tepung dan garam, masukkan air gula aduk sampai kalis dan tercampur rata. Tuang minyak sayur sedikit demi sedikit sebanyak 50ml, ulangi hingga adonan kalis. Setelah kulit siap, bentuk menjadi bulat pipih. Panggang sampai matang kurang lebih 15 menit, balik bakpia lalu panggang lagi sampai kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan. Bisa juga di panggang menggunakan wajan anti lengket atau teflon dengan api kecil.
Recipe Category Cemilan
Cooking Method Dipanggang
Ingredients Tepung Terigu, Gula, Garam, Minyak Sayur, Kacang Hijau ( Coklat, Keju, Nanas )
Source http://cobacoba-isna.blogspot.com/2014/03/bakpia-pathuk-kacang-hijau-step-by-step.html

Galeri Foto

bakpia.jpg bakpiaa.jpg bakpia55.jpg bakpia-75.jpg bakpia75.jpg bakpia176.jpg proses_pembuatan_bakpia.jpg pabrik_bakpia.jpg

Lokasi

Source

bakpia_pathok_pathuk.txt · Last modified: 2015/05/22 00:34 by samg