User Tools

Site Tools


kopi_jozz

KOPI JOSS ANGKRINGAN LEK MAN YOGYAKARTA

Kota Yogyakarta yang dikenal dengan kota pelajar dan memiliki beragam budaya yang unik serta memiliki tempat-tempat wisata kuliner yang tak kalah menarik. Salah satu wisata kuliner di Yogyakarta adalah angkringan. Angkringan memang sangat terkenal dan sudah banyak penjual angkringan yang berjualan hampir di seluruh wilayah Yogyakarta.

Kebanyaakan orang akan berkata tentang sego kucing apabila mendengar kata angkringan. Selain menu sego kucing dan gorengan, angkringan Yogyakarta juga menawarkan minuman kopi yang unik. Kopi ini dinamakan kopi joss. Angkringan yang pertama membuat minuman tersebut adalah angkringan ‘Lek Man’ yang terletak di sebelah utara stasiun Tugu Yogyakarta. Angkringan ‘Lek Man’ tak pernah sepi dari pembeli yang ingin menikamati indahnya kota Yogyakarta dengan kesederhanaannya.

Selain angkringan ‘Lek Man’ ada pula angkringan lain yang berada disekitar kawasan stasiun Tugu yang juga menawarkan minuman kopi joss.Kopi joss adalah kopi hitam yang dalam penyajiannya di tambahkan arang. Kata “Joss” di ambil dari efek suara yang di timbulkan dari arang yang panas ketika di celupkan ke dalam gelas kopi tersebut.

Konon arang yang di masukkan ke dalam kopi tersebut memiliki khasiat untuk mengikat kaffein yang terdapat pada kopi. Harga kopi joss terhitung murah untuk kawasan wisata, hanya berkisar Rp. 3000,00 – Rp. 5000,00 tergantung penjualnya. Walaupun ditambahkan arang, namun rasa kopi joss tetap seperti rasa kopi tulen pada umumnya dan tidak ada rasa arang. Sehingga cita rasa kopi asli tetap dapat dinikamti walaupun sudah bercampur dengan arang.


Gambar Terkait

kopi_jozz.txt · Last modified: 2015/05/21 23:11 by vinandadiya