User Tools

Site Tools


jadah

Jadah Tempe

Jadah tempe adalah salah satu makanan tradisional khas yang berasal dari Sleman, Yogyakarta.Jadah tempe ini bentuknya sederhana karena hanya berupa olahan ketan yang dilengkapi dengan tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem. Jadah tempe banyak ditemukan di daerah lereng merapi seperti di Kaliurang, Yogyakarta. Di Jogjakarta, terdapat salah satu penjual jadah Tempe yang saat ini yaitu Mbah Carik yang terletak di Jl. Gejayan No.9A Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diperkenalkan pertama kali oleh Sastro Dinomo atau yang sering disapa mbah Carik sekitar tahun 1950-an, Jadah tempe awalnya bukan merupakan makanan yang terkenal. Makanan yang diproduksi di Kaliurang tersebut menjadi terkenal ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi salah satu penikmat sekaligus penggemar makanan ini. Sejak saat itulah makanan Jadah tempe menjadi terkenal dan menjadi makanan khas Yogyakarta khususnya di Kaliurang sampai saat ini.

Biaya untuk menikmati makanan sederhana ini juga cukup murah. Konsumen hanya perlu merogoh kocek antara Rp.10.000,00 – Rp.20.000,00. Jadah Tempe biasanya dijual dalam bentuk “paket”, di mana setiap paket sudah ditentukan banyak jadah dan tempenya. Dengan harga segitu, konsumen bisa mendapatkan kepuasan lewat rasa yang unik sekaligus manfaat yang cukup besar karena makanan ini diolah dari bahan sederhana tetapi kaya nutrisi.

8-) 8-)

rujukan tulisan: https://gudeg.net/id/directory/62/1863/Jadah-Tempe.html#.VV30jbmqqko
sumber gambar: https://foodism70.wordpress.com/2011/12/01/makanan-dan-minuman-khas-yogyakarta/ , http://intisari-online.com/read/jadah-tempe-mbah-carik-burger-van-yogya-

jadah.txt · Last modified: 2015/05/22 00:23 by jemsnaban