User Tools

Site Tools


sendratari_ramayana

[Sendratari Ramayana]

Sendratari ramayana adalah merupakan pertunjukan yang terdapat di Jogja yang menyatukan ragam kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung untuk menceritakan kisah Ramayana. Alur cerita yang dibawakan pada pertunjukan ini serupa dengan yang terpahat pada candi prambanan, kemudian semuanya itu dirangkum dalam suatu seni pertunjukan drama yang terdiri dari empat lakon dimana setiap babak terdiri dari Penculikan Sinta, Misi Anoman ke Alenka, Kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama dan Sinta.

Seluruh jalan cerita dalam drama disajikan dan dirangkai dalam gerak tari tanpa dialog yang dimana semua pemain menari dengan diiringi musik gamelan khas Jawa. Semua gerak tarian yang dilakukan mewakili seluruh dialog cerita. Jika menonton pertunjukan ini secara langsung, maka penonton akan larut dalam jalannya cerita jika mencermati seluruh gerakan tari dari pemain dengan iringan musik gamelan.

Dalam pertunjukan Sandratari Ramayana, tak hanya tarian dan musik yang disajikan namun juga teknik pencahayaan yang telah disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat membantu dalam menggambarkan kejadian dan kondisi tertentu dalam cerita. Begitu pula riasan pada tiap penari, seluruh riasan dan make up yang ditampilkan dapat menggambarkan watak tokoh yang diperankan sehingga penonton dapat dengan mudah mengetahui karakter tersebut meski tak ada dialog.

Bukan hanya dalam tarian saja, tetapi penonton juga dapat menyaksikan adegan menarik seperti permainan bola api dan kelincahan penari akrobat dalam memerankan perannya. Permainan bola api tersebut akan dijumpai ketika Hanoman yang semula akan dibakar hidup-hidup justru berhasil membakar kerajaan Alengkadiraja milik Rahwana. Sementara akrobat bisa dijumpai ketika Shinta hendak membakar diri.

Di Jogja, terdapat dua lokasi untuk dapat menyaksikan Sendratari Ramayana. Pertama, di Candi Prambanan, dimana tempat cerita Ramayana yang asli terpahat di relief candinya. Tempat menonton yang kedua adalah di Purawisata Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, sebelah timur Kraton Yogyakarta. Untuk harga tiketnya terdiri dari 5 kelas, yang pertama VIP class dengan harga Rp. 370.000, Special class dengan harga Rp. 250.000, first class dengan harga Rp. 175.000, second class dengan harga Rp. 100.000, dan student class dengan harga termurah yaitu Rp. 44.000 untuk rombongan pelajar minimal 30 siswa. Pertunjukan biasanya dimulai pukul 19.30-21.30, namun waktu sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kondisi cuaca.

Sumber artikel:

Sumber gambar:

sendratari_ramayana.txt · Last modified: 2015/05/22 10:27 by aryabeth