User Tools

Site Tools


sekaten

SEKATEN

Sekaten adalah upacara peringatan ulang tahun Nabi Muhammad SAW yang diadakan setiap tanggal 5 bulan jawa mulud. Proses upacara hari pertama, diawali dengan iring-iringan abdi dalem yang diadakan malam hari bersama dengan dua set gamelan jawa Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu.

Dalam sekaten berbagai kesenian ditampilkan setiap hari. Setiap malam selama acara sekaten ada pasar malam yang sangat meriah. Di pasar malam tersebut dijual berbagai jenis makanan, pakaian, permainan, dan lain-lain yang berasal dari berbagai daerah.

Sekaten adalah perayaan rutin tiap tahun yang berlangsung selama kurang lebih 1 bulan. Sekaten berlangsung di alun-alun utara Yogyakarta. Selain di Yogyakarta, Sekaten juga diadakan di Solo.

Grebeg Maulud

Grebeg Maulud merupakan acara puncak sekaten. Dalam acara ini terdapat sebuah gunungan untuk menandakan bahwa acara sekaten telah berada pada puncaknya. Gunungan terbuat dari hasil bumi yang berupa sayuran, kacang-kacangan, buah, dan lain-lain. Hasil bumi tersebut disusun melingkar dan ditumpuk-tumpuk hingga menyerupai bentuk gunung. Gunungan tersebut akan diarak dan dibawa ke Masjid Agung Keraton. Gunungan tersebut nantinya akan diperebutkan warga karena warga sekitar yakin bahwa gunungan tersebut membawa keberuntungan.


Sumber gambar:

Sumber:

sekaten.txt · Last modified: 2015/05/22 02:56 by andrewkurniawan94