User Tools

Site Tools


pentas_gejog_lesung

PENTAS GEJOG LESUNG

oleh : Yonathan Aditya


Definisi

Gejog Lesung atau Gejlok Lesung adalah sebuah kesenian tradisional yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Bentuk kesenian ini adalah nyanyian yang diiringi tarian dan suara ketukan yang dihasilkan karena gerakan berulang beberapa orang (semuanya pria atau semuanya wanita) dengan tempo tertentu yang melakukan “jejog/gejlok” (tumbukan) pada lesung. Lesung sendiri merupakan alat tradisional yang biasa digunakan petani di pedesaan untuk menumbuk padi.

Tujuan

Kesenian gejog lesung ini dilakukan awalnya berasal dari kebiasaan masyarakat pedesaan menumbuk padi setelah musim panen padi tiba. Namun seiring perkembangannya, kebiasaan menumbuk padi ini dikaitkan dengan bentuk ucapan syukur pada Dewi Sri atau Dewi Padi karena panen padi yang berhasil. Seiring perkembangan zaman, kebiasaan gejog lesung itu dikembangkan menjadi sebuah pertunjukan karena dinilai mengandung nilai seni musik tradisional yang tinggi.

Pemain

Kesenian Gejog Lesung biasa terdiri dari 2 kelompok pemain. 1 Kelompok pemain akan bertugas menyanyikan lagu tradisional jawa kemudian kelompok lain akan memukul-mukul lesung secara berirama dengan tempo tertentu mengiringi nyanyian. Untuk pemain pemukul lesung, terdiri dari berapa orang berjejermaupun berhadapan mengelilingi lesung (tergantung besar lesung) dan memukulkan alat penumbuk padi dengan tempo yang padu mengiringi irama nyanyian.
Sekarang ini Gejog Lesung di Gunungkidul sudah sangat jarang ditemui. Selain kesenian ini hanya dilakukan saat acara-acara kirab dan budaya saja, tidak semua masyarakat desa di Gunungkidul masih mau melestarikan kesenian tradisional ini. Pada beberapa pentas Gejog Lesung yang diadakan, biasanya hanya terlihat pemain lanjut usia yang memainkan kesenian tradisional tersebut. Remaja dan generasi muda Gunungkidul nampaknya tidak banyak lagi yang mau melanjutkan serta melestarikan kesenian tradisional ini.


Sumber gambar:

Sumber data:

pentas_gejog_lesung.txt · Last modified: 2015/05/22 10:40 by yonathanaditya