User Tools

Site Tools


gudheg_manggar

Table of Contents

Gudheg Manggar



Pasti kita sering sekali mendengarkan kata gudeg, tapi pernahkah mendengar kata gudeg manggar? Gudeg manggar merupakan gudeg khas Yogyakarta. Gudeg ini ditemukan ratusan tahun yang olalu oleh Nyai Ageng Mangir Wonobudoyo yang merupakan kalangan kerajaan pada masa itu. Gudeg manggar merupakan makanan yang sering disantap oleh keluarga keraton Yogyakarta lho.

Keunikan gudeg ini adalah bahan gudeg yang berbeda dengan gudeg lainnya. Biasanya gudeg dibuat menggunakan nangka, namun gudeg yang satu ini menggunakan mayang atau bunga pohon kelapa. Manggar ini dipercaya oleh masyarakat sekitar berkasiat menimbulkan kecantikan luar dan dalam.

Gudeg ini merupakan gudeg yang langka karena kuliner ini jarang terdapat di daerah perkotaan Yogyakarta. Untuk bias menikmati kenikmatan gudeg ini kira harus menyisir tempat yang agak jauh dari kota Yogyakarta. Ada beberapa tempat yang cukup terkenal di Yogyakarta antara lain di sudut Kota Jogja diantaranya Gudeg Manggar Bu Tinur di Jalan Monumen Jogja Kembali No. 197. Harga gudeg manggar antara Rp 10.000,00 – Rp 50.000,00 sesuai tambahan lauk pauknya.

Ada pun resep untuk membuat gudeg manggar antara lain sebagai berikut :

Bahan : Manggar (bunga kelapa muda), Daging ayam secukupnya, 1 butir kelapa (ambil santannya).
Bumbu yang diperlukan : 8 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah kemiri, 1 sendok teh ketumbar, 1 ruas lengkuas, 2 lembar daun salam, 1/2 sendok teh jinten, 1 sendok makan gula merah, Garam dan penyedap secukupnya.
Cara Membuat: Panggang manggar di atas api arang, setelah masak pukul pelan-pelan, buang kulitnya dan bersihkan.
Semua bumbu dihaluskan kecuali daun salam dan lengkuas.
Daging ayam rebus hingga empuk.
Masukkan semua bumbu dan masukkan santan agak cair. Kalau santan hampir mendidih, masukkan manggar dan biarkan selama 30 menit.
Masukkan santan kental, aduk sampai rata, angkat kalau sudah mendidih.
Sumber link : http://id.resepmasaktradisional.com/2012/10/Cara-Membuat-Gudeg-Manggar.html

Dokumentasi

Sumber

gudheg_manggar.txt · Last modified: 2015/05/22 02:42 by ferigidion