User Tools

Site Tools


gereja_hati_kudus_yesus_ganjuran

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran adalah Gereja Katolik yang memiliki berbagai keunikan didalamnya. Gereja yang lebih sering disebut sebagai Gereja Ganjuran ini terletak 20km ke arah selatan kota Yogyakarta. Gereja ini dinobatkan sebagai Gereja Katolik sejati dan Gereja Jawa sejati oleh Mgr. Johanes Pujasumarta (Uskup Agung Semarang). Bangunan yang mulai dibangun pada tahun 1924 merupakan Gereja Katolik dengan perpaduan antara adat Jawa, Hindu, dan Eropa. Pada bangunan Gereja, arsitektur dengan nuansa Eropa dapat anda temui di sini. Pada tiang dan atap Gereja ini juga terdapat berbagai ukiran-ukiran yang indah.

Untuk adat Jawa, anda dapat terlihat dari patung Yesus dan Bunda Maria yang memakai jubah / pakaian Jawa. Anda juga dapat menemui nuansa jawa pada altar gereja ini.

Sedangkan untuk adat Hindu, dapat terlihat dari bangunan candi yang dibangun pada tahun 1927. Candi ini diberi nama Candi Hati Kudus, di dalam candi ini terdapat patung Yesus. Di sekitar candi ini (biasanya di depan), sering digunakan sebagai tempat untuk berdoa. Sebelum berdoa, peziarah biasanya akan membersihkan diri dengan air yang konon katanya dapat langsung diminum dan dapat menyembuhkan orang sakit. Peziarah juga biasanya akan membawa pulang air tersebut.

Lingkungan di Gereja ini memiliki banyak pohon yang membuatnya menjadi terasa sangat rindang dan tenang. Di lingkungan Gereja terdapat sebuah pendopo. Para peziarah yang sudah berdoa biasanya akan bersantai-santai terlebih dahulu sambil menikmati lingkungan sekitar gereja yang nyaman dan sejuk. Anda dapat berkunjung ke gereja ini kapan saja, karena tempat ini terbuka bagi para pengunjung maupun peziarah yang ingin berdoa atau renungan.

Foto :

Referensi : http://yogyakarta.panduanwisata.id/wisata-religi/gereja-ganjuran-kulturisasi-jawa-hindu-dan-peradaban-eropa/

gereja_hati_kudus_yesus_ganjuran.txt · Last modified: 2015/05/22 11:51 by windyhendra